·
Persamaan Linear
System
persamaan linear adalah system persamaan yang dapat diselesaikan dengan dua
cara, yaitu secara metoda langsung dan metoda iterasi. Metoda
langsung untuk penyelesaian SPL memiliki kelebihan dibandingkan dengan metoda
iterasi, karena jumlah langkah perhitungannya yang pasti. Jumlah operasi
hitungan sangat tergantung pada teknik komputasi yang digunakan dan jumlah
persamaan itu sendiri. Apabila koefisien persamaan membentuk matriks simetri,
penyelesaiannya memerlukan operasi aritmatik yang lebih sedikit dibandingkan
dengan matriks non-simetri. Strategi preconditioning dengan cara melakukan
pemilihan elemen tumpuan atau yang disebut dengan pivoting yang dapat digunakan
dalam metoda Gauss dan Gauss-Jordan, serta penggunaan teknik vektor jarang
(akan dibahas kemudian) merupakan kemajuan yang dicapai dalam penyelesaian SPL
dengan metoda langsung. Metoda iterasi, yang dari segi
ingatan komputer yang dibutuhkan tidak akan pernah dapat tersaingi oleh metoda
langsung. Kelemahan utama dari metoda ini terletak pada konvergensinya yang
sangat lambat. Penggunaan teknik matriks preconditioning akan sangat
mempercepat konvergensi.
·
Iterasi
Di dalam
komputer/pemrograman, iterasi
adalah sifat tertentu dari algoritma atau program
komputer di mana suatu urutan atau lebih dari langkah algoritmik
dilakukan di loop program. Hal ini
dibedakan dari teknik berulang yang disebut rekursi.
Di dalam
matematika, iterasi dapat
diartikan sebagai suatu proses atau metode yang digunakan secara berulang-ulang
(pengulangan) dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematik.
·
Persamaan Non Linear
Persamaan Non Linear dalam metode
numeric adalah persamaan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan metoda yang
biasa digunakan, dan inti pembahasan terletak pada implementasi 3 (tiga) metode
komputasi numerik, yaitu metode Bisection, metode Newton Raphson dan metode
Secant.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar